Kabah 3

Pengertian Umroh
Umroh adalah ibadah di mana hanya untuk umat Islam yang terpanggil hatinya untuk memenuhi panggilan Allah dan dilakukan di kota suci Mekkah. Melaksanakan Haji dan Umroh tidak ada kaitannya dengan Kaya taupun Miskin, terbukti banyak orang yang kaya secara financial tetapi belum juga ke Baitullah, dan sebaliknya banyak orang yang masih kekurangan secara Financial, tetapi Allah mampukan ia ke Baitullah karena usaha dan kesungguhannya.

Dalam pelaksanaan Ibadah umroh ada tata cara dan aturan yang harus dipatuhi dan dilaksanakan oleh setiap orang yang menjalankannya, sehingga ibadah menjadi sah dan tidak sia-sia. Tata cara untuk menunaikan ibadah Umroh hampir sama dengan ibadah haji, oleh karena itu ibadah umroh juga sering disebut haji kecil.
Tata Cara Umroh
Rangkaian Rukun umroh:
• Niat
• Berihram
• Tawaf
• Sa’i
• Tahalul

 

ihram
– IHRAM
Ihram adalah pakaian yang diwajibkan untuk memulai suatu kegiatan saat berumroh, berpakaian ihram adalah memakai kain putih yang menutupi aurat ketika mengambil niat umroh di Miqot. Untuk laki-laki tidak boleh menggunakan bahan yang berjahit dan juga penutup kepala. Untuk perempuan, boleh menggunakan mukena, namun tidak boleh menutupi telapak tangan dan juga wajah. Dianjurkan mandi junub dan memakai wangi-wangian sebelum mengenakan pakaian Ihram.

thawaf-travel-umroh
– TAWAF
Tawaf adalah hal yang wajib dilakukan sebanyak 7 kali putaran.
• Putaran pertama sampai ketiga berlari-lari kecil.
• Putaran keempat sampai ketujuh berjalan biasa.
• Mulainya niat Tawaf tepat pada garis yang sejajar dengan Hajar Aswad.
• Tepat digaris tersebut dengan wajah kita hadapkan ke Hajar Aswat di sudut Ka’bah sebelum melangkah terlebih dahulu mengucapkan Bismillah, Allahu Akbar sambil melambaikan tangan kearah Hajar Aswad dan mengecupnya,
• Sepanjang Tawaf berbanyak zikir dan berdoa, ingat berdoa yaa.. bukan sekedar membaca doa (boleh berdoa apa saja sesuai keperluan dan kepentingan masing-masing).
Setelah selesai melakukan tawaf, segera laksanakan sholat sunah dua rakaat didepan maqom Ibrahim dan minum Air Zam-zam setelah itu dilanjutkan dengan pelaksanaan Ibadah Sa’i

sai-travel-umroh
– SA’I
Sai termasuk dalam rukun umroh yaitu berjalan antara bukit Safa dan Marwah sebanyak 7kali. Sa’i merupakan napak tilas ibu Siti Hajar, ibunda dari Nabi Ismail AS yang harus berlarian untuk mencari air bagi putranya, dan sampai sekarang air zam-zam tersebut terus mengalir dan tidak pernah kering walaupun setiap harinya ada jutaan jamaah umroh dan Haji yang meminumnya. Berdasarkan riset air zam-zam merupakan mata air paling bagus yang ada di dunia.
• Melakukan Sai dimulai dari Bukit Safa dan berakhir di Bukit Marwah
• Melakukan Sai ada waktunya berlari-lari kecil bagi jamaah pria, yaitu setiap kali melintasi lampu yang berwarna hijau.
• Cara hintung putaran : dari Safa ke Marwah 1, dan dilanjutkan dari Marwah ke Safa 2, begitu juga seterusnya sampai hitungan yang ke 7 berakhir di Marwah.

 

tahalul-travel-umroh
– TAHALUL
Tahalul adalah mencukur atau memotong beberapa helai rambut, ini akan menjadi puncak akhir dari ibadah Umroh selama di tanah suci. Meskipun bisa memotong rambut sendiri, namun anda di haruskan meminta orang lain untuk memotongkannya untuk anda. (Boleh mencukur sebagian dan boleh juga mencukur semuanya)
Alhamdulillah Ibadah umroh Anda telah selesai.