iman

Arti iman adalah bersungguh-sungguh dalam menjalankan urusan Allah, seseorang yang mengaku beriman akan Allah uji keimanannya, sehingga jelas apakah dia bersungguh-sungguh atau hanya main-main dan dusta belaka?? orang beriman selalu mengharapkan pertemuan dengan Allah, bukan malah enggan dan menghindari saat datang panggilan untuk acara pertemuan dengan Allah, misal panggilan Sholat dan panggilan Umroh.. bagaimana dengan sikap saya atau Anda?? Yuk sama-sama kita perhatikan ayat berikut ini:

29:1 – Alif laam miim

29:2 – Apakah manusia itu mengira bahwa mereka dibiarkan (saja) mengatakan: “Kami telah beriman”, sedang mereka tidak diuji lagi?

29:3 – Dan sesungguhnya kami telah menguji orang-orang yang sebelum mereka, maka sesungguhnya Allah mengetahui orang-orang yang benar dan sesungguhnya Dia mengetahui orang-orang yang dusta.

29:4 – Ataukah orang-orang yang mengerjakan kejahatan itu mengira bahwa mereka akan luput (dari azab) Kami? Amatlah buruk apa yang mereka tetapkan itu.

29:5 – Barangsiapa yang mengharap pertemuan dengan Allah, maka sesungguhnya waktu (yang dijanjikan) Allah itu, pasti datang. Dan Dialah Yang Maha mendengar lagi Maha Mengetahui.

29:6 – Dan barangsiapa yang berjihad (bersungguh sungguh dijalan Allah), maka sesungguhnya kesungguhannya itu adalah untuk kebaikan dirinya sendiri. Sesungguhnya Allah benar-benar Maha Kaya (tidak memerlukan sesuatu) dari semesta alam.

29:7 – Dan orang-orang yang beriman dan beramal saleh, benar-benar akan Kami hapuskan dari mereka dosa-dosa mereka dan benar-benar akan Kami beri mereka balasan yang lebih baik dari apa yang mereka kerjakan.

Orang beriman akan diuji keimanannya, sehingga jelas dia itu benar-benar beriman atau hanya berdusta saja..

Orang yg berbuat jahat mengira dia akan bebas dari hukuman di dunia dan akherat?? Salah besar.. karena Allah pasti akan membalas kejahatan mereka, kecuali jika mereka bertaubat dan memohon ampunan atas kejahatannya

Jika Anda mengharapkan pertemuan dengan Allah, tentu Anda mempersiakan diri untuk saat pertemuan itu..

Orang yg beriman, adalah orang yg yakin dan tentulah ia orang yg berjihad atau orang yg bersungguh-sungguh dalam urusan Allah, dan kesungguhannya di dalam menjalankan urusan Allah itu adalah buat kebaikan dirinya sendiri.. Allah Maha Kaya ga butuh apapun dari manusia ataupun dari semesta alam..

Orang yg beriman dan beramal shaleh, yaitu orang yg yakin dan action, orang yg berbuat setelah mengetahui kebenarannya.. janji Allah mereka akan diberi balasan yg lebih baik dari apa yg mereka kerjakan..

Renungan dari 7 ayat diatas, apakah saya dan anda termasuk orang yg beriman?? Karena indikasi keimanan seseorang itu ada pada action dan kesungguhannya dalam menjalankan perintah dan urusan Allah..

Semoga bermanfaat,
Salam bang Taqwa